Peringkat Keterbukaan Informasi Badan Publik, Kabupaten Belitung Timur Raih Posisi Teratas dengan Skor 95,32


PANGKALPINANG - Momentum kejayaan pemerintahan daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai puncaknya melalui acara bergengsi, Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KI Babel). Acara prestisius ini digelar di hotel Bangka City Pangkalpinang pada Rabu, 20 Desember 2023, dengan tujuan memberikan apresiasi kepada badan publik yang telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap kepatuhan dalam mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2023, guna memastikan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Kamis (21/12/2023).

Proses penilaian yang dilakukan oleh KI Babel melibatkan serangkaian kriteria, mencakup aspek sarana dan prasarana, kualitas informasi, jenis informasi, komitmen organisasi, serta tingkat digitalisasi informasi. Dimulai sejak Juni hingga Desember 2023, proses penilaian ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pengisian kuesioner, verifikasi data, visitasi atau verifikasi lapangan, hingga presentasi, yang kemudian mengarah pada penetapan predikat badan publik yang layak menerima penghargaan.

Meskipun penganugerahan ini bukan kompetisi, namun lebih sebagai bentuk pengawasan terhadap kepatuhan badan publik terhadap UU Keterbukaan Informasi Nomor 14 Tahun 2008. Proses penilaian mencerminkan upaya KI Babel dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, dan transparan, sambil tetap melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023 menjadi momen pemberian apresiasi kepada berbagai badan publik, termasuk pemerintah Kabupaten/Kota, lembaga vertikal, OPD Provinsi Babel, dan Pemerintah Desa, yang telah memberikan kontribusi besar dalam memastikan hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

Berikut adalah peringkat dan skor/nilai badan publik pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meraih predikat badan publik "Informatif" pada Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023:

1. Pemerintah Kabupaten Belitung Timur - Predikat Informatif Terbaik 1 (Skor: 95,32)
2. Pemerintah Kota Pangkalpinang - Predikat Informatif Terbaik 2 (Skor: 94,10)
3. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat - Predikat Informatif Terbaik 3 (Skor: 93,23)
4. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah - Predikat Informatif (Skor: 92,74)
5. Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan - Predikat Informatif (Skor: 90,71)
6. Pemerintah Kabupaten Belitung - Predikat Informatif (Skor: 90,53)
7. Pemerintah Kabupaten Bangka - Predikat Informatif (Skor: 90,42)

Penganugerahan ini tidak hanya menjadi sorotan bagi keberhasilan pemerintahan setempat, tetapi juga menjadi motivasi bagi badan publik lainnya untuk terus meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan keterlibatan masyarakat, menjadikan Kepulauan Bangka Belitung sebagai percontohan dalam penerapan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. (Sumber: KBO Babel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama